24.1.05
Wesel dan Keajaiban Pos





Oleh gurunya, anak saya ditugasi membawa blanko weselpos. Ajaib, pikir saya. Zaman sekarang masih ada yang ingat wesel. Karena itu anak bilangnya hari Minggu, padahal setahu saya kantor pos yang buka hari libur hanya kantor pos besar dan pusat, maka saya pun ke Kantor Pos Pasar Baru. Keajaiban kedua terhidang: kantor posnya tutup. Menurut Pak Satpam, "Sudah dua tahun loket khusus nggak buka hari libur soalnya sepi terus."

Hmmm, apa boleh buat. Ketika transfer duit via ATM, internet banking dan mobile banking sudah bisa, kenapa harus pakai wesel? Kalau SMS dan e-mail itu perkara sepele, kenapa pula kirim surat? Pantesan kantor pos makin sepi. Hanya kartu pos kuis [dan kartu pos bergambar] dan surat lamaran yang tampaknya diposkan orang. :)

Karena kantor pos tutup, maka saya pun mencari blanko wesel di deretan kios benda pos dekat Kantor Filateli itu. Beruntung, ada kios yang menyediakan. Harganya Rp 500 per lembar. Ketika disodori blanko, datanglah keajaiban ketiga, "Kok bukan kartu wesel yang warnanya hijau telor apa kayak semen itu, Pak?" Si penjual bilang, "O, modelnya sudah diganti mulai lima tahun lalu."

Saya ajak anak saya berandai-andai. Misalkan dia harus ke kantor pos terdekat, maka harus merogoh ongkos transpor dari kompleks ke tujuan [PP] 2 x Rp 700 = Rp 1.400. Beli prangko Rp 1.000. Amplop dan kertas surat katakanlah dihargai Rp 100. Maka untuk mengurus kiriman yang baru akan tiba di tujuan paling cepat tiga hari itu butuh ongkos Rp 2.500. Itu senilai 10 SMS dengan kartuHALO atau tujuh SMS dengan Simpati. "Nggak praktis ya, Pak," ia menyimpulkan. Rupanya dia lupa, dulu ketika saya sering bepergian, kartu pos untuknya selalu datang setelah saya. Kartu pos itu saya kirim supaya dia bisa mengumpulkan prangko. :)

Tamatkah dinas pos yang di seluruh negara memang mengemban misi pelayanan? Mestinya tidak. Rugikah? Mestinya juga nggak. Buktinya Dinas Pos Amrik bisa mensponsori tim balap sepeda di Tour de France. PTT Belanda tetap hidup, sanggup melayani 80 juta parsel per tahun. Memperbaiki pelayanan dan diversifikasi, kayaknya itu kunci untuk bertahan. Di negeri tertentu, kantor pos cabang didesain cantik seperti toko, dengan aneka dagangan. Kalau kita butuh karton untuk mengepak majalah, buku dan brosur, pasti tersedia. Kantor Pos Pasar Baru mencoba meniru, tapi dagangan kurang komplet, dulu ada warnetnya tapi lelet banget, dan seterusnya.

NB: karena kehilangan huruf "i" maka prangko itu mahal; salah cetak membawa berkah :)

   25 komentar

manteau north face
December 2, 2012   08:38 AM PST
 
I like ANMJ on FB & just subscribed to the email feed! :),285696,http://gombal.blogdrive.com/comments?id=459
cheap gucci shoes
November 2, 2012   12:45 AM PDT
 
I really do appreciate your feedback. I'm still struggling with the technology but I wish everyone all luck with this competition. I've been pinned down with a sick grandchild and today a very sick daughter - both with gastric flu which afflicts us all at this time of year - so this is the first moment I've had to get to the computer,598660,http://gombal.blogdrive.com/comments?id=459
belstaff uk
September 19, 2012   03:05 PM PDT
 
I am grateful to find bloggers like you who posts very informative subjects. I am interested in your post and would like to know you more.
on Sale Pandora Bracelets
April 23, 2012   02:09 AM PDT
 
In last weeks Economist, there's a semi-decent article on reading sentiment from large masses of anecdotal data (tweets, mainly).,239401,http://gombal.blogdrive.com/archive/459.html
nike max 90
April 9, 2012   01:57 AM PDT
 
Beautiful!!! You truly have an eye for colour. ,407286,http://gombal.blogdrive.com/comments?id=459
moon geun young
October 4, 2010   01:57 PM PDT
 
met pale
bowo
May 25, 2010   11:50 PM PDT
 
Lihat prangko salah cetak jadi inget sama Tetangga saya yang pensiunan pegawai kantor pos, dia pernah cerita kalo punya prangko salah cetak tulisan rupiah pada perangko hanya tertulis rup aja. dia pernah berencana ngejual perangko tsb tapi gak tau harus di jual kemana... kasian juga ya...
jalil
December 18, 2009   06:57 PM PST
 
saya pernah kecolongan memakai jasa wesel pos ,waktunya pada tahun 1998 ,ada 3 kali kiriman wesel pos dari usa tapi diambil oleh orang lain menggunakan ktp saya jumlah kiriman 1 juta usd dan terakhir kali 3 juta usd ,kejadian ini semuanya terjadi di kantor pos medan lapangan merdeka jalan bukit barisan ,mohon lain kali lebih diperhatikan keamanannya dari pihak kantor pos
watie
September 7, 2009   11:16 PM PDT
 
Terimakasih bgt dg contoh weselnya...tidak mudah untuk mencarinya..
thx..
Qky
January 27, 2005   12:01 PM PST
 
dulu saya seneng banget kalo Lennon nyanyi mr.postman

"Oh yes.. wait a minute Mr. Postman..."
andri
January 26, 2005   11:30 AM PST
 
Gunung kidulnya kok kebetulan cerak dengan tempat saya di Ponjong ya? gek2, gek2 saya kenal sampeyan nih...
IMHO, kantor pos masih rame buat ngeposin lamaran juga kok. No worry lah. Dan paket2, denger-denger, malah lebih reliable pake PT Pos, CMIIW. Kuis? banyakan pake premium call dan sms.

aoi
January 26, 2005   12:13 AM PST
 
eits Oom! jasa pos masih berguna untuk mengirimkan undangan pernikahan. Karena menurut sahibul hikayat urban yang teramat santer,kalo jasa kurir sering membuang undangan yang nggak jelas juntrungannya.Jadi,NAIKKAN GAJI PETUGAS POS!karena mereka masih memliki rasa tanggung jawab yang BESAR untuk menyampaikan apapun sampai ke tujuan.
boit
January 25, 2005   07:46 PM PST
 
udah lama ngga' denger orang nyebutnyebut wesel pos.. wesel pos.. wesel pos.. wesel pos.. (berkalikali biar yakin.. )..
geekgirl
January 25, 2005   05:32 PM PST
 
kan masih ada orang ngirim barang..
belon ada yg bisa bikin transfer barang elektronik kan? hihihi.. macam di startrek itu.. transfer orang dari 1 pesawat ke pesawat laen.. tinggal berdiri, disinari.. byuut ilang! :D
fahmi
January 25, 2005   12:30 PM PST
 
kurikulum sekolahan indonesia emang kuno boss, udah lama nggak diupdate. anaknya disekolahkan di amrik aja :D
aprian
January 25, 2005   09:57 AM PST
 
Abis ngirim pake pos sering diacak2 plus sering hilang lagi paketnya.. ndak jelas pokoke... Saya ndak mengalami jaman wesel euy, udah jaman transfer lewat BCA sajah... he he he :D
kere kemplu
January 25, 2005   09:33 AM PST
 
di pt keretapi juga ada wesel, buat menggiring loko dan gerbong supaya nggak nggak manut sama masinis, sehingga bisa pindah ke jalur lain
Paman
January 25, 2005   09:24 AM PST
 
di Bandung, weselnya macem-macem, ada ijo,pink,krem dsb.

belinya di toko bangunan, eh itu westafel ya :D
didats
January 25, 2005   08:42 AM PST
 
dulu saya paling setia pake pos, buat kirim surat ma kartu lebaran, tapi sekarang, kantor posnya ndak lakuw lagih... :D
siberia
January 25, 2005   07:10 AM PST
 
mau pake pos atau tiki, tetep aja nyampenya telat kalo ke kampung saya.
jadi mendingan di bawa sendiri kalau pas pulang kampung (lho) :D
siberia
January 25, 2005   07:10 AM PST
 
mau pake pos atau tiki, tetep aja nyampenya telat kalo ke kampung saya.
jadi mendingan di bawa sendiri kalau pas pulang kampung (lho) :D
lantip
January 25, 2005   01:11 AM PST
 
saya yakin seyakin-yakinnya, SMS di Indonesia memakai jasa pos. Soalnya 68% sms telat nyampe, sebagaimana 68% friendster palsu dan 99,9% blog adalah *****sis hihihihhi - salam masbeiroy
Imponk
January 24, 2005   09:20 PM PST
 
wah... waah... di gunung kidul ada kantor pus juga ya?
mushrooms
January 24, 2005   06:30 PM PST
 
bener Mas, di sini pos sdh jadi bagian rangkaian bisnis, lha wong org banyak yg suka beli onlen jeeeh
mpokb
January 24, 2005   06:25 PM PST
 
kalo gitu PT Pos go public aja, kan lagi trend menjual diri... :P

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments